ARTIKEL

Pertamina: Pasokan BBM pada Arus Balik Lancar dan Aman

dok.Pertamina Salah satu petugas Pertamina sedang mengisi BBM kemasan.
 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) memastikan situasi pasokan bahan bakar minyak (BBM) pada arus balik Lebaran 2016 berjalan lancar dan aman.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan kondisi pasokan dan stok BBM hingga Minggu 10 Juli 2016 rata-rata masih berada di atas 20 hari, dengan rincian Premium 20 hari, Biosolar 30 hari, Pertamax 23 hari, Pertalite 13 hari, dan Avtur 23 hari. 

"Pertamina tetap terus meningkatkan kewaspadaannya kendati sejauh ini belum menghadapi kendala berarti," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (10/7/2016).

Wianda menuturkan, realisasi penyaluran BBM pada H+3 menunjukan tren peningkat. Penyalur BBM Premium pada H+3 telah mencapai 92 persen dari rata-rata normal sebesar 70.556 kilo liter (KL) per hari. Sedangkan Penyaluran Biosolar pada periode yang sama mencapai 82 persen dari rata-rata normal 35.319 KL per hari.

"Berbeda dengan kedua jenis BBM tersebut, Pertalite dan Pertamax justru terus berada di atas proyeksi. Untuk Pertalite mencapai 140 persen dari rata-rata harian normal 10.063 KL per hari. Sedangkan Pertamax, realisasinya mencapai rata-rata 130 persen terhadap rata-rata harian normal 11.257 KL per hari," tuturnya.

Wianda mengungkapkan penjualan melalui Portable Tank Operation dan penambahan titik kios Pertamax Seris telah mencapai mencapai sekitar 10.620 liter, di mana 7.120 liter merupakan Pertamax Series kemasan di wilayah Jateng dan Jawa Barat dan 3.500 liter dari PTO.

Wianda juga mengatakan Pertamina telah melakukan persiapan terbaik untuk menghadapi arus balik dan sejauh ini belum menghadapi kendala berarti. Selain itu Pertamina akan terus meningkatkan kewaspadaan untuk memastikan penyaluran BBM pada arus balik berjalan lancar.

"Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah bekerjasama erat dengan Pertamina, seperti Kepolisian, Kemenhub, Dinas Perhubungan setempat, BPJT untuk bersama-sama memastikan layanan BBM kepada masyarakat benar-benar optimal," pungkasnya.

Kompas TV Pemudik Brexit Darurat BBM





Penulis : Achmad Fauzi
Editor : Wisnubrata

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE
Jadwal Imsakiyah
5 Juli 2016
Loading...
Jadwal Selengkapnya