Kudapan Khas Padang yang Wajib Jadi Oleh-oleh

Kompas.com - 28/06/2017, 13:00 WIB
AUZY AMAZIA DOMASTY/ KOMPAS.com Keripik balado atau keripik pedas banyak dibeli pengunjung toko oleh-oleh di Kota Padang selama libur Lebaran 2017

PADANG, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal lezatnya masakan Padang. Rendang, Sate Padang, Soto Padang, dan gulai kepala ikan menjadi kuliner yang wajib dicoba langsung di ibu kota Sumatera Barat tersebut.

Walau begitu, aneka kudapannya pun tak kalah enak. Pengunjung luar daerah yang pulang kampung seperti saat Lebaran ini, biasanya tak lupa membeli kudapan khas Padang.

Nah, bila berkunjung ke Padang cobalah beli dan bawa pulang aneka kudapan lezat berikut,

1. Keripik balado
Bagi penyuka rasa pedas, keripik balado bisa menjadi pelepas selera. Keripik pedas ini merupakan oleh-oleh asal Padang yang paling terkenal.

Berbagai toko oleh-oleh lokal banyak memproduksi sendiri keripik balado. Sebagian toko tersebut bahkan telah memproduksinya dalam kurun waktu yang cukup lama. Misalnya, merk "4x7" sudah 47 tahun membuat sendiri keripik balado dan makanan lainnya.

Beberapa merk toko oleh-oleh keripik balado yang populer lainnya adalah Christine Hakim dan Shirley.

Bila Anda tertarik, tersedia pula keripik balado rasa durian. Sambal keripiknya pun tidak hanya sambal merah, melainkan ada juga sambal hijau.

2. Dakak-dakak

AUZY AMAZIA DOMASTY/ KOMPAS.com Dakak dakak kudapan khas Padang yang banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh libur Lebaran 2017

Bahan dasar dakak-dakak terbuat dari ubi kayu. Bentuknya seperti kubik kecil dan berwarna kuning.

Ada pula dakak-dakak bentuk lain yang pipih, yang biasanya disukai lansia karena tidak terlalu keras. Dakak-dakak beraroma wangi khas rempah-rempah karena menggunakan kunyit dan seledri.

Teten, pengelola toko oleh-oleh "4x7" mengatakan, Dakak-dakak adalah buah tangan khas Padang yang menjadi andalan selain keripik balado.

3. Arai pinang

AUZY AMAZIA DOMASTY/ KOMPAS.com Arai pinang, keripik gurih dengan garis-garis simetris, kudapan khas Padang yang bisa didapat di toko oleh-oleh selama libur Lebaran 2017

Arai pinang merupakan camilan khas Padang lainnya yang terasa gurih dan renyah. Bahan dasarnya berasal dari tepung beras.

Dulu, pada asal mulanya, arai pinang dibuat menggunakan cetakan alami dari bunga pohon pinang sehingga bentuknya menjadi bulat pipih dengan tekstur bergaris-garis.

4. Rakik macho
Rakik Macho merupakan keripik bulat pipih berwarna merah. Bentuknya mirip rempeyek kacang, namun topping keripiknya adalah ikan kecil-kecil.

Makanan ini memiliki rasa asin. Selain sebagai kudapan, Rakik Macho nikmat pula dimakan bersama nasi. Selain di toko oleh-oleh, rakik macho juga tersedia di pasar.

5. Kue sapik

AUZY AMAZIA DOMASTY/ KOMPAS.com Kue Sapik, kudapan khas Padang dengan rasa manis. Kue ini memiliki aneka bentuk dan bisa didapat di toko oleh-oleh selama libur Lebaran 2017

Bagi penyuka rasa manis, kue kering khas Padang ini perlu dicoba. Kue sapik tersedia dalam berbagai bentuk yang unik, dan yang paling khas adalah berbentuk lipatan segitiga. Sekarang, bentuknya semakin beragam dan ada yang berbentuk gulungan.

Aneka kudapan khas Padang dijual dengan bermacam harga, masing-masing ada mulai dari Rp 10.000,00 hingga Rp 50.000,00.

Untuk keripik balado, Anda bisa membeli dengan ukuran yang Anda inginkan, mulai dari seperempat hingga satu kilo.

AUZY AMAZIA DOMASTY/ KOMPAS.com Pelayan toko oleh-oleh Christine Hakim di Kota Padang tengah melayani pembeli. Kunjungan ke toko ini meningkat selama libur Lebaran 2017

Nah, bila membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh, setiap toko oleh-oleh pasti langsung menyediakan kardus dan tali jinjing supaya pembeli bisa mudah membawanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorKurniasih Budi