Jasa Marga Klaim Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 10/07/2017, 14:18 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

JAKARTA, KompasProperti - Pengelola atau operator tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengadakan rapat evaluasi terkait arus lalu lintas saat mudik dan balik Lebaran 2017.

Hasilnya, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyebut tidak ada kejadian buruk bahkan cenderung lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Secara umum kita bisa menyimpulkan arus mudik dan balik jauh lebih baik daripada tahun lalu, terutama tidak ada antrean yang diam lama begitu," ujar Desi saat jumpa pers Evaluasi Arus Mudik Balik Lebaran 2017, di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Dia menuturkan, kepadatan memang ada dan tidak bisa dihindari karena lalu lintas tidak seimbang. Namun, kemacetan tersebut tetap mengalir atau dengan istilah lain padat merayap.

Selain itu, faktanya angka kecelakaan dan korbannya juga jauh menurun jika dibandingkan tahun lalu.

"Dari angka kecelakaan H-7 sampai H+7 tahun lalu ada 10 kejadian sedangkan tahun ini 9 kejadian. Jadi turun 10 persen," kata Desi.

Dari segi jumlah korban tahun lalu tercatat ada 19 orang dengan 14 luka ringan, 4 luka berta dan satu orang meninggal dunia.

Sementara tahun ini tercatat korban 12 orang luka ringan tanpa luka berat bahkan meninggal dunia.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar