CERITA PUASA

Tol Gratis di Cikarang Utama Berlaku Bila Antrean Capai 5 Km

Stanly/Otomania Cikarang Utama
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Telah terjadi kepadatan di pintu tol Cikarang Utama arah ke Jakarta pada arus balik H+3 Lebaran, Minggu (10/7/2016).

Demikan hasil pantauan dari Posko Opsus Ramadniya 2016 NTMC Korlantas Polri.

Sejak siang tadi terjadi panjang antrean kendaraan yang akan masuk ke pintul tol Cikarang Utama sudah mencapai 1,5 kilometer.

Panjang antrean diprediksi akan terus bertambah sampai malam, nanti seiring dengan banyaknya jumlah kendaraan yang akan masuk ke Jakarta.

Demi mengantisipasi hal tersebut pihak Korlantas Polri, Jasa Marga dan Dinas Perhubungan telah berkoordinasi untuk menerapkan kebijakan tol gratis sementara waktu.

Kebijakan pembebasan biaya tol tersebut akan diterapkan bila antrean kendaraan sudah mencapai lima kilometer.

Demikian diungkap Kepala Bagian Ops Ramadniya 2016 NTMC Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin.

"Sekarang ini yang ramai di Cikarang Utama. Antrean masih sekitar 1,5 kilometer. Nanti seandainya antrian kendaraan sudah mencapai lima kilometer akan kami gratiskan tol Cikarang Utama," ujar dia.

Benyamin mengutarakan hal itu saat ditemui di Posko Pusat Ops Ramadniya, gedung NTMC Polri, Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Dia lalu menjelaskan, kebijakan pembebasan biaya tol akan diterapkan selama 15 menit sampai 1,5 jam dengan asumsi dalam jangka waktu tersebut kepadatan akan bisa mencair.

Setelah kondisi kembali normal, biaya tol akan diterapkan kembali seperti biasa.

"Nanti kami buka gerbang tol selama 15 menit hingga 1,5 jam, sampai kepadatan agak mencair. Setelah itu kami tutup kembali, bayar seperti biasa," ungkap dia.

Sementara itu, untuk mengurangi kepadatan arus balik di tol Cikampek, Korlantas Polri telah memberlakukan sistem contra flow.

Metode itu dilakukanmulai dari km 68 sampai dengan km 35 di ruas tol arah ke Jakarta pada Minggu (10/7/2016).

Berdasarkan pantauan Posko Opsus Ramadniya 2016 NTMC Korlantas Polri, saat ini terjadi kepadatan arus balik di ruas tol Cikampek.

Benyamin menjelaskan, kepadatan di tol Cikampek terjadi karena ada pertemuan arus lalu lintas dari arah tol Purbaleunyi, Bandung dengan arus kendaraan dari arah tol Cipali.

Sistem contra flow lalu diberlakukan agar kepadatan kendaraan bisa diurai.polisi telah menambah satu lajur sebelah kanan, dari arah Jakarta, untuk digunakan oleh kendaraan yang berasal dari tol Cipali dan tol Purbaleunyi.

Kebijakan lawan arus ini akan diberlakukan secara situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

"Di tol Cikampek itu ada pertemuan arus lalu lintas dari tol Purbaleunyi dan tol Cipali. Jadi yang dari arah Cipali kami ambil satu lajur di sebelah kanan, ambil satu lajur dari arah Jakarta supaya tidak terlalu menumpuk," ungkap dia.

Penulis : Kristian Erdianto
Editor : Glori K. Wadrianto

CERITA PUASA LAINNYA

LOAD MORE
Jadwal Imsakiyah
5 Juli 2016
Loading...
Jadwal Selengkapnya